Ups, Jangan biarkan memori hp anda penuh, jika tidak ingin jadi begini

2
74

Handphone pada era modern merupakan sebuah kebutuhan utama. Baik itu kebutuhan bisnis, sekolah, dan atau untuk menjalin komunikasi dalam keluarga agar tetap lancar.
Banyak pilihan alternatif sarana komunikasi yang tersedia dalam sebuah handphone. Ada SMS, telepon, dan aplikasi pihak ketiga seperti facebook, whatsapp, line, instagram dan lainnya. Namun yang paling banyak digunakan yaitu komunikasi melalui whatsapp. Karena pemakaian yang simple dan mudah.

Untuk itu sudah tentu dengan tingginya tingkat pemakaian handphone, tentunya harus dijaga dengan cara merawat dan rutin membersihkan file sampah yang tidak dibutuhkan, untuk menghindari memori internal smartphone agar tidak penuh.

Jika memori internal penuh, maka akan banyak bermunculan gejala. Berikut uraiannya.

  1. Handphone lelet dan lemot

    Pada tahap awal yang dirasakan hp kita terasa lambat dan berat.

  2. Handphone akan restart sendiri

    Jika tingkat penggunaan memori sudah mencapai 95% biasanya sebagian handphone akan sering restart sendiri. Karena sudah tidak sanggup menampung RAM handphone. Terutama untuk handphone dengan RAM kecil. Sehingga tidak ada ruang lagi untuk bergerak.

  3. Bootloop

    Bootloop dimana keadaan hp sudah tidak bisa hidup sampai layar awal. Handphone kita akan hidup sebatas logo dan tidak bisa digunakan.

  4. Hardbrick

    Pada posisi ini maka handphone kita sudah tidak bisa hidup sama sekali. Dan harus di service ke teknisi. Cirinya pada saat tekan tombol power, hp bergetar sebentar namun tidak berhasil hidup.

Untuk itu jangan biarkan memori hp anda penuh, jika tidak ingin jadi rusak. Namun tidak usah khawatir, betikut berikut beberapa tips untuk mengatasinya yuk disimak

  1. Pindahkan sebagaian file seperti foto, video, master aplikasi ke memori eksternal.
  2. Hapus file yang kurang penting
  3. Setting WA agar tidak mendownload file secara otomatis dengan cara masuk ke menu (setting》data and storage usage》 when using mobile data 》 hilangkan semua centang dan OK》
  4. Hapus permainan dan aplikasi yang berat
  5. Rutin meng cleaner dengan menggunakan aplikasi bawaan handphone.

Demikian informasinya, semoga bermanfaat. Ada pendapat lain? Silahkan isi dikolom komentar ya!

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar